Minggu, 14 Juni 2015

Uji Kepolaran

LAPORAN PRAKTEK UJI KEPOLARAN




MENYELIDIKI SIFAT KEPOLARAN pada SENYAWA

ü TUJUAN PERCOBAAN
Menyelidiki sifat kepolaran air, alkohol, dan kloroform

ü DASAR TEORI
Yaitu, jika dua atom nonlogam yang berbeda keelektronegatifannyaberkaitan, maka pasangan elektron ikatan akan lebih tertarik ke atom yang lebih elektronegatian. Inilah yang disebut molekul senyawa kovalen polar (memiliki kutub listrik). Misal, senyawa HCl terbentuk dua kutub,
s+     s-
H – Cl (kovalen polar)
Sebaliknya, jika yang berkaitan dua atom yang mempunyai keelektronegatifan sama, maka molekul yang terbentuk merupakan molekul senyawa kovalen nonpolar. Misal, O2 (O--O).
Ukuran kepolaran senyawa bergantung pada nomen dipol senyawa. Momen dipol atau momen dwikutub didefinisikan sebagai hasil perkalian muatan (q) dengan jarak (d)ke dua pusat muatan positif dan negatif. Momen dipol disebut besaran vektor.




Contoh :
Momen dipol= q   d     senyawa HCl
S+     S-                      
H---Cl                  
Jika senyawa kovalen mempunyai momen dipol besar senyawanya sangat polar. Sebaliknya, jika momen dipol nol berarti senyawanya non polar.
Kepolaran suatu senyawa yang terdiri atas lebih dari dua atom (poliatom), dapat kita lihat dari simetris atau tidaknya senyawa tersebut. Senyawa yang terbentuk molekul simetris mempunyai dipol nol, berarti senyawa nonpolar. Sebaliknya, senyawa yang terbentuk tidak simetris mempunyai momen dipol, berarti senyawa polar.

ü ALAT dan BAHAN
Alat dan Bahan
Jumlah
Buret
1
Statif dan klem
1/1
Penggaris plastik
1
Air
Cukup
Alkohol
Cukup
Kloroform (CCl4)
Cukup



ü CARA KERJA:
1. Siapkan buret, statif, dan klem.
2. Masukkan air dalam buret.
3. Gosokkan penggaris plastik dengan kain.
4. Buka kran buret, biarkan air mengalir kemudian     dekatkan penggaris plastik pada aliran air, amati yang terjadi.
5. Ulangi percobaan di atas denan alkohol dan kloroform.
6. Catat hasil percobaan pada tabel.

ü DATA HASIL PENGAMATAN
No.
Larutan
Dibelokkan
Tidak Dibelokkan
1
Air
ya
tidak
2
Alkohol
ya
tidak
3
kloroform
tidak
ya  

ü PEMBAHASAN
Dari hasil percobaanini yaitu kepolaran suatu senyawa, tentu saja percobaan ini percobaan mengenai uji kepolaran suatu senyawayang kata polar itu sendiri memiliki arti kutub, sehingga pengujiannya pun tenyu berhubungan dengan magnet atau listrik.
Dengan  melakukan percobaan ini, dapat diketahui bahwa salah satu pengujian terhadap kepolaran suatu larutan yaitu dengan menguji apapkah larutan tersebut dapat di tarikoleh benda bermuatan listrik atau tidak. Apabila suatu dapat dibelokkan oleh benda bermuatan listrik maka larutan tersebut bersifat polar. Namun sebaliknya, apabila tidak dapat dibelokkan oleh benda bermuatan listrik berarti larutan tersebut merupakan larutan yang bersifat nonpolar.

Dalam percobaan ini dilakukan pengujian terhadap terhadap zat, antara lain :
A.  Air(H2O). Berdasarkan susunan ruang atomnya molekul H2O berbentuk tidak simetris. Elektron tidak tersebar merata. Dalam molekul H2O pusat muatan (pol) negatif terletak pada atom O, sedangkan pol positif terletak diantara atom H, sehingga Air bersifat polar, karena jika digambarkan ikatan polar sebagai vektor maka molekul H2O  resultanvektornya tidak sama dengan nol. Dalam percobaan ini pun dapat bahwa Air (H2O) dibelokkan oleh penggaris listrik, ini menandakan bahwa Air memiliki sifat polar.

B. Kloroform(CCl4), Berdasarkan susunan ruang atom molekul CCl4 berbentuk simetris, 4 atom Cl tersebar di sekitar atom C secara merata 4 arah. Elektron tersebar merata, sehingga dapat disimpulkan bahwa molekul CCl4 bersifat nonpolar. Dalam percobaan ini dapat diketahui bahwa aliran larutan CCl4 tidak dapat dibelokkan oleh penggaris bermuatan listrik, ini menandakan bahwa CCl4  bersifat nonpolar.

C. Etanol disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolute atau alkohol saja, adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pda saat alkohol dialirkan, medan listrik yang dihasilkan oleh plastik mengakibatkan pembelokan etanol ke arah medan listrik tersebut. Hal ini, membuktikan bahwa alkohol termasuk ke dalam kovalen polar yang tentu dapat menarik elektron dari panggaris plastik.

ü KESIMPULAN

percobaan ini air dibelokkan oleh penggaris plastik yang bermuatan listrik ini menanandakan bahwa air memiliki sifat polar dan aliran larutan kloroform bersifat nonpolar  sedangkan alkohol bersifat kovalen nonpolar  hal ini disimpulkan bahwa larutan dikatakan bersifat polar apabila larutan tersebut  dibelokkan dan jika larutan tersebut tdk dibelokkan maka disebut nonpolar ion” yang membentuk 2 kutub dgn muatan yang berlawanan akan membuat atom tersebut bersifat semakin nonpolar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar