Rabu, 15 April 2015

PESAN PIDATO/CERAMAH/KHOTBAH

Menyimpulkan pesan pidato


                Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Pidato juga dapat diartikan wacana yang disiapkan  untuk diucapkan di hadapan orang banyak. Ceramah diartikan pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, yang membicarakan suatu hal. Sedangkan Khotbah adalah pidato terutama yang menguraikan tentang ajaran agama.
                Dari pengertian-pengertian itu dapat disimpulkan bahwa antara pidato, ceramah dan khotbah pada dasarnya memiliki persamaan yaitu pengungkapan pikiran di hadapan orang banyak melalui ujaran dengan cara-cara tertentu. Dalam pelaksanaannya antara pidato, ceramah dan khotbah terdapat perbedaan. Perbedaan itu terletak pada komunikasi antara pembicara dengan pendengar. Dalam pidato dan khotbah komunikasi cenderung terjadi satu arah dari pembicara ke pendengar, sedangkan dalam ceramah sering terjadi komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik.
                Dalam berbagai acara dan kegiatan sering kita ikuti pidato, ceramah, atau khotbah. Pidato sering kita ikuti dalam acara-acara resmi, misalnya seminar, rapat pleno, pidato kenegaraan, dan lain-lain. Ceramah juga sering diadakan untuk acara-acar tertentu, misalnya ceramah tentang bahaya Narkoba, ceramah tentang kedisiplian berlalu lintas, dan lain-lain. Sedangkan khotbah sering kita ikuti pada khotbah jum’at, khotbah di Gereja dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar