Sabtu, 04 Juni 2016

Penyebab & Cara Mengatasi Kulit pada Telapak Tangan atau Kaki yang Mengelupas

hay sob... pernahkan kulit tangan atau kaki kaliat mengelupas? Tentunya sudah biasa kita alami bukan, baik dewasa maupun balita pasti pernah mengalaminya. Masalah kulit mengelupas memang bukan masalah yang serius, namun dengan kondisi kulit yang mengelupas pastinya membuat minder pada diri kita. Telapak tangan yang kering dan kasar akan membuat kita malu saat berjabat tangan sengan orang lain. Namun jangan khawatir kita dapat mengenali apa saja penyebab dari masalah itu dan sekaligus mengobatinya.
telapak tangan

Sebab-sebab telapak tangan / kaki mengelupas (mblodoki)
  1. Mencuci.
    mencuci tangan secara berlebih dapat ngakibatkan kulit kita tambah kering. Aktivitas mencuci piring, mencuci baju tak luput dari bahan-bahan kimia. Jadi karna itu kulit kita menjadi kering dan mengelupas.
  2. Cuaca
    Cuaca yang ekstrim juga bisa mempengaruhi kondisi kulit kita, terutama saat cuaca sedang dingin maka dapat membuat kulit telapak tangan kita termasuk kulit ujung jari menjadi mengerut dan mengelupas.
  3. Alergi
    Alergi terhadap jenis makanan tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya pengelupasan, baik itu pada telapak tangan atau telapak kaki, biasanya di barengi juga dengan rasa gatal.
  4. Sering memegang benda kasar
    Jika anda seorang pekerja yang biasa menggunakan benda atau alat-alat tertentu biasanya pada telapak tangan akan timbul goresan, hal ini di karenakan sering terjadinya gesekan pada kulit telapak tangan sehingga kulit menjadi terkikis dan melakukan proses regenerasi.
  5. Kekurangan vitamin B
  6. Diabetes
  7. DLL.

telapak kaki
Setelah mengetahui penyebabnya sekarang kita bahas soal cara menanganinya. Ini dia...

  • Air Hangat
    Untuk melembabkan kulit, jangan yang panas yaa...
  • Pelembab
    Gunakan pelembab untuk mencukupi asupan vitamin B kalian.
  • Mentimun
    Ketimun mengandung zat anti peradangan dan mengurangi iritasi. Penggunaan ketimun akan mengurangi kemungkinan kulit mengering.
  • Pisang, Minyak Zaitun dan Garam
    Pisang dapat digunakan untuk mencegah kulit terkelupas. Lembutkan pisang dengan minyak zaitun dan garam kedian oleskan pada telapak tangan.
  • Lidah Buaya
    Lidah buaya berfungsi untuk melawan peradangan yang terjadi sehingga pengelupasan tidak akan menjadi parah.
  • Madu
    Madu mempunyai manfaat untuk melembutkan kulit dan melembabkan kulit.
  • Jauhi beberapa minuman
    Jika ingin kulit Anda tetap bersinar dan lembab sehingga tidak terkelupas, maka jauhilah minuman seperti alkohol, soft drink, dan minuman yang tinggi kafein.
  • Air garam
    Isi baskom dengan air hangat, lalu masukkan 3 sendok garam kedalamnya, tinggal cuci tangan kalian dengan air garam tersebut. Setelah selesai bilas tangan kalian dengan air yang mengalir. lakukan sehari sekali bila terasa kulit serasa membaik segera hentikan langkah ini..
  • Konsumsi Buah dan Sayuran.
  • Perbanyak minum air putih.
Itu dia sebab-sebab dan cara mengatasi telapak tangan atau kaki yang mengelupas (mblodoki). Sekian artikel mengenai kulit yang mbodoki, semoga bermanfaat buat semuanya. BYE BYE.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar