Rabu, 15 April 2015

Jenis Karir Berdasarkan Kepribadian

yovidwi.blogspot.com . Buat kalian yang sekarang sudah menginjak kelas x - xii sma, pastinya kalian udah memiliki tujuan mau memilih karir seperti apa setelah lulus sekolah nanti ? Memilih jenis karir itu gampang-gampang susah tergantung kepribadian kalian masing-masing. Buat kalian yang belum mengerti jenis karir apa yang cocok buat kalian, kalian bisa baca artikel saya berikut.



1. Realistik
              Tipe kepribadian : menyukai pekerjaan yang menggunakan alat, kemampuan teknik, kemampuan jasmani, mesin, materialistik, terfokus pada status dan praktis, sedikit toleransi.
Rekomendasi karir :
Montir mobil
Pertambangan
Penjahit
Membuka toko
Teknisi
Pengrajin perhiasan
Atlet
Pekerja bangunan
Insinyur

2. Investigatif
              Tipe kepribadian : menyukai teka-teki dan tantangan, matematis, senang belajar, percaya diri, senang membaca tentang ilmu pengetahuan, kemampuan menganalisis berfikir kompleks dan abstrak, sangat berhati-hati.
Rekomendasi karir : 
Komputer programmer
Ahli matematika
Ahli biologi
Guru
Dokter hewan
Detektif
Ahli kimia
Manajer
dll

3. Artistik
              Tipe kepribadian : suka menciptakan lagu, menyukain seni, menulis, kreatif, menggunakan instrumen dalam bekerja, menyukai kebebasan, terbuka, dan mengekspresikan diri.
Rekomendasi karir :
Pemusik
Seniman
Pengarang
Pelukis
Pelawak
Artis
Penyanyi
Sutradara
Penari/Koreografer
Desain grafis
Desainer
dll

4. Sosial
              Tipe kepribadian : perhatian, suka menolong, berdiskusi, suka bekerja sama/kerja kelompok, banyak bicara, kemampuan verbal dan sosial yang unggul, sederhana, fleksibel, berpegang pada nila-nilai idealistis, rendah hati, suka bersahabat, dan mengerti keadaan orang lain.
Rekomendasi karir :
Guru 
Konselor
Psikolog
Psikiater
Terapist
Perawat
Dokter
Pengawas sekolah
dll

5. Enterprising
              Tipe kepribadian : ambisius, suka bergaul, mempengaruhi orang lain, tegas, ingin di kenal, menjadi pemimpin, tidak sabaran, membanggakan diri, percaya diri, mementingkan pangkat dan kekuasaan.
Rekomendasi karir : 
Bisnisman
Politikus
Tengkulak
Pengacara
Pemborong
Manajer restoran
Selesman

6. Konvensional
              Tipe kepribadian : menilai sesuatu dengan uang, dapat dipercaya, patuh pada perintah dan peraturan, suka diatur, bergantung pada orang lain, sulit membuka diri (tertutup), suka organisasi, perencana yang baik, menyukai lingkungan kantor, kemampuan numerik
Rekomendasi karir :
Sekretaris
Pegawai administrasi
Juru tulis
Ahli pajak
Pegawai bank
Akuntan
Analisis keuangan
dll

Itu tadi sekilas dari 6 kepribadian yang dapat dijadikan patokan dalam memilih karir anda. Jika ada kekurangan atau kesalahan dari saya, saya mohon maaf dan juga kalo bisa berikan komentar kalian supaya saya dapat memperbaiki kesalahan saya. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar