Minggu, 31 Agustus 2014

Pengertian Belajar

Belajar adalah sebuah proses yang akan memperlihatkan perubahan pada sikap dan perilaku sebagai hasil dari akumulasi pengalaman dalam proses tersebut. Jadi, proses belajar senantiasa akan melahirkan perubahan pada pengetahuan, tingkah laku, dan penampilan melalui serangkaian proses atau kegiatan misalnya, kegiatan membaca, mengamati, menganalisis, meniru, mendengar, dan sebagainya.

Belajar merupakan peningkatan dan perubahan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik ke arah yang lebih baik lagi. Keberhasilan belajar siswa merupakan akibat dari tindakan dari sebuah pembelajaran yang tidak lepas dari peran aktif guru dan siswa itu sendiri dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Banyaknya para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian belajar, diantaranya sebagai berikut.


  1. Gagne, Dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.
  2. Moh. Surya, Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengamatan individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
  3. Slameto, Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengamatan individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.
  4. Ernest R. Hilgard dalam Sumardi Suryabrata (1984:252), Belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Di samping itu, keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh unsur-unsur belajar. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Unsur Luar, Unsur luar dapat dipengaruhi oleh:
  • Lingkungan alami, seperti keadaan suhu, kelembapan udara yang berpengaruh dalam proses dan hasil belajar.
  • Lingkungan sosial, baik yang berwujud manusia maupun yang lainnya berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar.
  • Instrumental yang terdiri dari kurikulum, program, sarana dan prasarana, serta guru sebagai pendidik.
    2.   Unsur dalam (kondisi individu) :
  • Kondisi fisiologi dan pancaindra terutama pendengaran dan peglihatan.
  • Kondisi psikologis yang terdiri atas minat, kecerdasan, bakat, motivasi, dan keterampilan kognitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar